Rabu, 29 Mei 2013

Kisruh Dana Bagi Hasil Blok Cepu, Menteri ESDM Meminta Blora Jateng & Bojonegoro Jatim Akur

19.09

BLORA. Tidak dipungkiri bahwa hasil eksplorasi minyak bumi cukup besar. Untuk itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik berpesan kepada para kepala daerah di Blora Jawa Tengah dan Bojonegoro Jawa Timur agar akur soal bagi hasil eksplorasi minyak bumi di Blok Cepu.

Namun, Jero Wacik tidak secara jelas menuturkan mengenai porsi pembagian keuntungan eksplorasi minyak bagi daerah. "Pesan saya kepada para Camat, Bupati, dan Gubernur banyak-banyak musyawarah. Karena ini semua buat kepentingan rakyat," kata Jero usai menghadiri wisuda mahasiswa Akademi Minyak dan Gas Bumi-STEM, di Cepu, Blora, Jawa Tengah, Rabu (29/5) kemarin.

Eksplorasi kilang minyak Banyu Urip di Blok Cepu ternyata memang menyimpan permasalahan terselubung. Kawasan kilang minyak yang berada di perbatasan, membuat pemerintah harus memutar otak untuk memberikan pembagian keuntungan agar adil buat Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Yang penting jangan ngotot. Ini semua kan buat kesejahteraan rakyat," lanjut Jero.

Saat ditanyakan soal skema pembagian keuntungan, Jero nampak enggan berbicara lebih lanjut. Dia cuma mengatakan hal itu masih dibicarakan dan tidak bisa dipaparkan saat ini.

"Soal skema sudah dibicarakan. Tetapi enggak bisa dibicarakan di sini," ujar Jero.

Sampai saat ini memang belum ada solusi soal pembagian keuntungan eksplorasi Blok Cepu antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jero mengakui, cadangan minyak di Blok Cepu itu berada di bawah tanah dua provinsi. Yakni di Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Makanya, dia menyarankan adanya pembicaraan yang berkelanjutan antara kedua pemerintah daerah itu. (rs-infoBlora - Merdeka.com)

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 INFOBLA. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top