Rabu, 29 Mei 2013

Kejati Jateng : Pejabat Dinas Pendidikan Blora Ada Yang Terlibat Korupsi DAK

19.14

SEMARANG. Korupsi proyek pengadaan alat peraga pendidikan yang dibiayai dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan tak hanya terjadi di Banjarnegara. Penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah telah menemukan bukti kuat dugaan korupsi DAK di sejumlah daerah lain. Yakni di Kabupaten Batang, Blora, Demak dan Brebes.

"Kali ini kami menetapkan enam tersangka dari Batang, Blora, Demak dan Brebes. Sebelumnya untuk kasus di Banjarnegara sudah ada tujuh tersangka, yang dua sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor dan satu tersangka dinyatakan DPO (buron, red)," kata Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Wilhelmus Lingitubun, Rabu (29/5).

Tak hanya Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Kejaksaan Negeri Rembang dan Mungkid (Kabupaten Magelang), juga menyidik kasus tersebut. Kejaksaan Negeri Rembang telah menetapkan dua tersangka, dan Kejaksaan Negeri Mungkid belum mengumumkan tersangkanya.

Total sudah ada 15 orang diduga terlibat. 11 diantaranya merupakan Dinas Pendidikan dari beberapa daerah itu, sisanya adalah rekanan pelaksana proyek dan broker. Dikatakan Wilhelmus, DAK yang dikorupsi di berbagai daerah itu merupakan APBD Jawa Tengah tahun 2010. "Namun pelaksanaannya tahun 2011, ada yang tahun 2012," katanya.

Modusnya, kata Wilhelmus, hampir sama di seluruh daerah. Yakni dengan penggelembungan harga barang berupa buku, alat peraga dan alat teknologi informasi dan komunikasi. Temuan penyidik kejaksaan saat ini sebagian besar pada penyimpangan dalam pengadaan buku Sekolah Dasar. Di satu kabupaten, rata-rata anggaran untuk pengadaan buku itu mencapai Rp 10 miliar.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Jawa Tengah telah menghitung kerugian negara untuk Kabupaten Rembang dan Banjarnegara. masing-masing mencapai Rp 4,4 miliar dan Rp 2,6 miliar.
Model pengadaan buku itu menyimpang dari Peraturan Menteri Pendidikan nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku. (rs-infoBlora - Suara Merdeka)

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 INFOBLA. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top