Rabu, 29 Mei 2013

Hadiri Wisuda Akamigas STEM Cepu Blora, Menteri ESDM Minta Perusahaan Migas Tingkatkan CSR

05.38

BLORA. Meskipun tidak mendominasi sektor migas dalam negeri, perusahaan migas asing cukup banyak yang beroperasi dan meraup keuntungan besar dari sumber daya alam Indonesia. Bahkan, pemerintah mengakui Indonesia masih bergantung peran asing untuk sektor migas.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik tidak menampik bahwa Indonesia masih butuh bantuan asing untuk mengeksplorasi sektor energi.

"Siapa bilang kita tidak butuh asing. Kita masih perlu. Kalau tidak ada mereka, kita tidak mengebor kilang minyak," ujar Jero saat menghadiri wisuda mahasiswa Akademi Minyak dan Gas Bumi-STEM, di Cepu, Blora, Jawa Tengah, Rabu (29/5).

Namun, pemerintah tetap harus mengawal jalannya eksplorasi dan eksploitasi sumber daya minyak, gas serta mineral. Menurut dia adalah kesalahan besar jika pemerintah malah membiarkan potensi sumber daya alamnya dikeruk, dan rakyatnya dibiarkan miskin.

"Kalau rakyatnya masih miskin, menterinya harus tanggung jawab. Mereka untung, tapi kita harus untung lebih dulu. Kalau mereka enggak mau tambah CSR, biar saya yang bicara sama bosnya," lanjut Jero.

Untuk itu, Jero meminta perusahaan minyak dan gas asing menaikkan nilai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Semakin besar dana CSR diyakini sangat berdampak positif buat masyarakat.

"Mereka harus menaikkan besaran CSR. Itu harus. Demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat," kata Jero.
Menurutnya, pemerintah sebagai pelaksana kebijakan harus tegas mengawasi besaran CSR yang diberikan para korporasi migas asing. (rs-infoBlora)

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 INFOBLA. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top