Minggu, 10 Februari 2013

Terminal GAGAK RIMANG Blora

03.12


TERMINAL "GAGAK RIMANG" BLORA

Tampak Depan Terminal Gagak Rimang Blora


    Terminal Gagak Rimang adalah satu dari 3 terminal bus yang ada di Kabupaten Blora. Teminal ini terletak di Kecamatan Blora tepatnya di kelurahan Bangkle Kecamatan Blora. Terminal yang dibangun pada tahun 1993, berdiri diatas tanah seluas 10.363 m².

    Terminal ini merupakan terminal dengan type B. Terminal ini melayani trayek AKAP, AKDP dan trayek pedesaan. Menurut data yang ada jumlah kendaraan yang memasuki terminal yaitu :

  1. AKAP sebanyak 11 kendaraan
  2. AKDP sebanyak 16 kendaraan
  3. Angkutan pedesaan sebanyak 25 kendaraan
  4. Angkutan Kota sebanyak 9 kendaraan

FASILITAS UTAMA TERMINAL GAGAK RIMANG

  • Jalur Pemberangkatan kendaraan
  • Jalur kedatangan kendaraan
  • Tempat parkir kendaraan umum termasuk tempat tunggu kendaraan umum dan tempat istirahat kendaraan umum
  • Kantor Terminal
  • Tempat tunggu penumpang atau pengantar
  • Menara Pengawas
  • Loket penjualan karcis
  • Rambu-rambu dan papan informasi yang memuat petunjuk jurusan tarif dan jadwal perjalanan
  • Pempat parkir kendaraan pengantar atau taksi

C. FASILITAS PENUNJANG

  • Kamar kecil/toilet
  • Mushola
  • Kios/Kantin
  • Ruang Informasi
  • Taman
Sejarah Nama Gagak Rimang :

Nama Gagak Rimang mengambil dari nama kuda titian pahlawan pembela rakyat Cepu-Blora Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Penangsang. Kanjeng Haryo Penangsang sudah seharusnya menjadi teladan bagi para pejabat di seluruh wilayah Kabupaten Blora. Ketika tukang sabit rumput kudanya dipotong telinganya oleh salah seorang pejabat Pajang, beliau murka. Sudah menjadi harga mati bagi beliau bahwa rakyat adalah segalanya.
Entah benar atau tidak cerita rakyat ini, karena tidak dibuktikan dengan adanya perkamen, prasasti, maupun dokumen ataupun laporan jurnalistik yang objektif, hanya Tuhan Yang Maha Tahu. Menurut penulis, tukang sabit rumput hanyalah suatu analogi saja untuk menggeneralisir rakyat kecil. Hingga dapat diartikan pada saat itu pihak Kerajaan Pajang melakukan penyiksaan terhadap rakyat Jipang Panolan. Hal itulah yang membuat Kanjeng Haryo Penangsang tidak tinggal diam. 


Kondisi sekarang :

Ada dua terminal di Kota Blora. Terminal lama dan terminal baru. Terminal lama terletak tak jauh kearah timur dari pusat kota, sedangkan terminal baru radius 4 km-an arah timur pusat kota Blora. Terminal lama ada di depan stasiun, stasiun ini sudah 30 tahunan tidak ada aktivitas apapun. Dulunya stasiun ini merupakan stasiun utama di Blora, terhubung dengan jalur kereta api dari stasiun kereta api Ngareng Cepu, Jepon, Blora, Kunduran dan Purwodadi.
Area terminal lama kota Blora sekarang tidak jelas penggunaannya, hanya sesekali saja dijadikan lokasi pameran pembangunan, pasar malam, konsolidasi partai politik, dan event-event otomotif. Namun meskipun tidak lagi menjadi tempat nge-tem bus-bus besar, aktivitas transportasi tetap saja berjalan. Bahkan lokasi sekitar terminal ini menjadi pilihan utama masyarakat saat menunggu bus jurusan Cepu maupun jurusan Semarang. Namun kebanyakan warga masyarakat yang akan menumpang bus jurusan Semarang lebih memilih menunggu di perempatan Biandono Blora.
Dengan sendirinya, terminal baru yang diberi nama terminal Gagak Rimang nyaris tidak difungsikan oleh masyarakat. Masyarakat lebih memilih tempat-tempat semacam terminal lama maupun perempatan-perempatan strategis lain saat menunggu bus. Hal ini disebabkan letak terminal baru ini yang jauh dari pusat kota, sehingga masyarakat harus mengeluarkan dana tambahan lagi bila harus menunggu bus di terminal ini.
(mbloronews)


Source : DPPKKI Kab. Blora



Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 INFOBLA. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top