Selasa, 12 Februari 2013

STEM “Akamigas” Cepu

10.25

STEM “Akamigas” Cepu



Logo Akamigas STEM


Alamat : Jl. Gajah Mada No. 38 Cepu – Blora – Jawa Tengah 58312
Telepon : (0296) 421897
Fax. : (0296) 425939
Email : humas@akamigas.ac.id
Website : www.akamigas.ac.id/stem



Sekolah Tinggi Energi dan Mineral yang untuk selanjutnya disebut STEM “Akamigas” Cepu adalah pengembangan dan atau peningkatan status dari Akademi Minyak dan Gas Bumi (AKAMIGAS). Merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Blora. Dan merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia di bidang perminyakan. AKAMIGAS yang didirikan pada tahun 1966 dengan Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 91/DD/Migas/1966 tanggal 24 Oktober 1966 merupakan penggabungan Akademi Perminyakan Permina (APP) di Bandung dengan Pendidikan Kejuruan Perminyakan (PKP) di Plaju, bertujuan untuk mendidik meningkatkan kemampuan pegawai – pegawai Pertamina yang memang sangat dibutuhkan kemampuannya. Secara resmi Akamigas dibuka pada tanggal 7 Februari 1967 yang terdiri dari 4 Jurusan yaitu Eksplorasi dan Eksploitasi, Pemboran, Pengolahan, dan Logistik dengan jumlah mahasiswa 72 (tujuh puluh dua) orang.

Sejalan dengan perkembangan kebutuhan tenaga – tenaga terampil yang diperlukan di lapangan, pada tahun 1977, dengan Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi nomor 1/P/DJ/Migas/1977 tanggal 24 Oktober 1977 pola pendidikan di AKAMIGAS dirubah dari yang semula Pendidikan pola bulat 3 tahun menjadi pola berjenjang Diploma I, II dan III.

Pada tahun 1999 dengan Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi nomor : 1042 tahun 1999 tanggal 10 Juni 1999 AKAMIGAS ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan dengan pola pendidikan berjenjang yang bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Migas melalui Kepala Pusat Pengembangan Tenaga Perminyakan dan Gas Bumi (PPT Migas)

Terhitung mulai Tahun Akademik 2002/2003, AKAMIGAS menyelenggarakan Program Studi Diploma IV atas dasar Surat Mendiknas Nomor 41/MPN/2002 tanggal 21 Pebruari 2002. Disamping Surat persetujuan dari Mendiknas tersebut juga diperoleh persetujuan dari Menteri Keuangan dan Menteri PAN. Bersamaan dengan itu AKAMIGAS membuat surat resmi sesuai dengan prosedur dan ketentuan perundang – undangan.

Gerbang Akamigas STEM
Program Studi


Dalam menjalankan tugas dan fungsi STEM “Akamigas” membetuk 5 program studi, yaitu
1.    Teknik Produksi (Eksplorasi dan Produksi)
2.    Teknik Pengolahan (Refinery)
3.    Teknik Instrumen dan Elektronika
4.    Teknik Mesin Kilang


5.    Pemasaran dan Niaga

Prodi – prodi tersebut memiliki bidang konsentrasi yang spesifik untuk kebutuhan industri maupun aparat di sektor energi dan sumber daya mineral,yaitu
Teknik Produksi (Eksplorasi dan Produksi)
1.    Geologi
2.    Pemboran
3.    Eksplorasi dan Produksi

Teknik Pengolahan (Refinery)
1.    Refinery
2.    Laboratorium Pengolahan
3.    Fire and Safety
4.    Gas Processing
5.    Petrokimia

Teknik Mesin Kilang
1.    Teknik Mesin Kilang dan Lapangan
2.    Teknologi Gas

Teknik Instrumen dan Elektronika
1.    Instrumentasi dan Elektronika
2.    Teknik Listrik Perminyakan

Manajemen dan Pemasaran
1.    Pemasaran dan Niaga
2.    Manajemen Services Migas
3.    Manajemen Pertambangan dan Energi
4.    Keinspekturan (Tambang, Migas, Listrik)



Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 INFOBLA. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top